Mengenal Rate Card untuk Influencer, Cara Membuat hingga Manfaatnya

Parapuan.co – Belakangan ini semakin banyak orang yang memilih profesi sebagai seorang kreator konten dan  influencer di berbagai platform sosial media.

Dengan kemajuan internet seperti sekarang ini, profesi atau pekerjaan yang berbasis internet memang cukup menjanjikan.

Selain berpeluang mendapatkan endorsement berupa barang hingga uang, seorang kreator konten pun kerap kali dilirik oleh sebuah brand hingga perusahaan.

Tentunya untuk dipercaya oleh sebuah brand, seorang influencer perlu membangun branding dan followers dalam jumlah tertentu.

Konten yang dihasilkan pun harus otentik dan membentuk image tertentu dari seorang kreator konten.

Nah berbicara soal tarif endorsement dan kerja sama, setiap  content creator atau pembuat konten umumnya wajib memiliki  rate card untuk diberikan kepada para brand.

Rate card berisi tarif dan jasa yang ditawarkan oleh seorang content creator, yang akan bekerja sama dengan sebuah perusahaan atau brand.

Lantas apa itu rate card dan manfaat memiliki rate card bagi seorang content creator?

Rate card atau yang secara harafiah artinya lembar tarif, adalah dokumen yang berisi semua jasa yang diberikan oleh seorang influencer.

Dokumen ini termasuk biaya atau tarif per unggahan, platform apa yang digunakan, merek yang bersedia diajak bekerja sama, dan informasi kontak yang diperlukan.

Rate card adalah dokumen penting yang sangat diperlukan untuk menjalin kerja sama dengan merek populer maupun influencer lainnya.

Dokumen rate card membantu seorang influencer dan content creator menetapkan harga sesuai konten, sehingga memungkinkan brand melihat dan menyesuaikan anggaran mereka.

Kenapa Perlu Punya  Rate Card?

Rate card adalah dokumen penting jika Kawan Puan ingin menjadikan profesi influencer sebagai pekerjaan penuh waktu atau jika ingin mendapat penghasilan tambahan.

Dokumen ini bahkan membantu membangun image dan batasan yang sehat antara seorang content creator dengan brand atau perusahaan.

Sebab sering terjadi seorang influencer dibayar jauh lebih sedikit daripada nilai atau kekuatan media sosial yang telah dibangun.

Oleh karena itu, rate card sangat membantu seorang influencer mendapat penghasilan yang lebih menjanjikan.

Tak hanya itu, rate card juga dapat membantu menghemat waktu dan tenaga saat membahas kesepakatan kerja sama dengan sebuah brand.

Cara Membuat Rate Card

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu.

Dengan melakukan riset, kamu bisa menemukan berapa tarif jasa yang standar atau sesuai dengan kemampuanmu.

Penting untuk mengatur konten sesuai tarif yang berlaku, sehingga memberimu banyak ruang untuk menegosiasikan harga jika diperlukan.

Rate card juga sangat mudah dibuat, misalnya dengan menggunakan spreadsheet sederhana namun dilengkapi dengan data yang lengkap.

Tapi jika kamu ingin memberikan sesuatu yang ekstra, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi seperti Canva atau Adobe Ilustrator untuk membuat rate card yang menarik secara visual.

Adapun beberapa informasi penting yang wajib ada dalam rate card di antaranya:

– Nama dan biografi singkat

– Informasi kontak

– Tipe konten yang bisa kamu buat

– Tarif atau jasa pembuatan konten

– Metode pembayaran

Pastikan informasi penting itu ada dalam rate card untuk memudahkanmu bekerja sama dengan brand dan perusahaan ya, Kawan Puan.  Semoga membantu! (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *