Klasemen Akhir Grup H Piala Dunia 2022: Hajar Portugal, Korea Selatan Salip Uruguay ke 16 Besar

Jakarta – Korea Selatan tampil heroik untuk mengamankan tiket 16 besar Piala Dunia 2022. Mereka lolos ke babak gugur setelah bangkit dari ketertinggalan pada laga pamungkas Grup H melawan Portugal.

Son Heung-min dan kawan-kawan berjaya 2-1 di Education City Stadium, Jumat (2/12/2022) malam WIB.

Kemenangan pada pertandingan yang disiarkan langsung SCTV, Moji, streaming Vidio, serta jaringan televisi satelit NEX Parabola selaku pemegang hak siar resmi Piala Dunia ini membawa mereka naik ke peringkat dua klasemen akhir.

Korea Selatan mengantongi empat angka dari tiga laga. Mereka mengungguli Uruguay yang membungkam Ghana 2-0 yang bertanding di tempat terpisah pada waktu bersamaan.

Taeguk Warriors unggul produktivitas gol atas Uruguay untuk menentukan siapa yang lebih unggul saat menentukan posisi klasemen. Sementara Portugal tetap di puncak tabel menyusul kemenangan pada dua pertandingan awal Piala Dunia 2022.

Sempat Tertinggal

Korea Selatan membutuhkan kemenangan atas Portugal untuk menjaga kans lolos ke 16 besar Piala Dunia Qatar. Son Heung-min dan kawan-kawan pun langsung menyerang sejak menit pertama.

Namun, mereka justru kecolongan. Penetrasi Diogo Dalot di sisi kanan membuat lini belakang kelabakan. Dalot lalu mengirim umpan silang yang dimaksimalkan Ricardo Horta pada menit ke-5.

Taeguk Warriors coba bangkit. Mereka sempat memasukkan bola ke gawang melalui Kim Jin-su. Sayang sang pemain dalam posisi offside sehingga gol dianulir.

Perjuangan akhirnya berbuah hasil. Dari sepak pojok, Kim Young-gwon mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-27 setelah Cristiano Ronaldo gagal membuang bola.

Kedua tim kemudian saling jual beli serangan. Kim Seung-gyu menghentikan upaya Dalot dan Vitinha. Namun tidak ada gol yang tercipta. Skor 1-1 di babak pertama.

Babak Kedua

Korea Selatan kembali mencoba selepas jeda. Son Heung-min memimpin serangan Taeguk Warriors, tapi usahanya diblok Antonio Silva.

Pemain Tottenham Hotspur itu kembali mengancam. Namun, lagi-lagi tendangannya diadang bek Portugal, kali ini Joao Silva.

Korea Selatan kesulitan menciptakan peluang berarti yang mengancam gawang Portugal. Di sisi lain, Seleccao das Quinas tidak keberatan memperlambat tempo. Pasalnya, torehan satu angka cukup bagi mereka untuk mengamankan posisi puncak.

Di ambang frustasi, Korea Selatan mencetak gol kedua melalui pemain pengganti Hwang Hee-chan. Penggawa Wolverhampton Wanderers itu menyelesaikan serangan balik yang diprakarsai Son Heung-min pada menit ke-90+1.

Korea Selatan sukses mempertahankan keunggulan di sisa waktu.

 

Susunan Pemain

Korea Selatan: Kim Seung-gyu, Kim Jin-su, Kim Moon-hwan, Kim Young-gwon (Hwang Ui-jo 81), Kwon Kyung-won, Jung Woo-young, Hwang In-beom, Lee Jae-sung (Hwang Hee-chan 66), Son Heung-min, Lee Kang-in (Son Jun-ho 81), Cho Gue-sung (Yu-min Cho 90+3)

Portugal: Diogo Costa, Diogo Dalot, Pepe, Antonio Silva, Joao Cancelo, Ruben Neves (Rafael Leao 65), Vitinha (William Carvalho 81), Matheus Nunes (Joao Palhinha 65), Joao Mario (Bernardo Silva 82), Ricardo Horta, Cristiano Ronaldo (Andre Silva 65)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *