Kenakan Busana Adat, Tamu Undangan Hadiri Siraman Kaesang di Solo

Sejumlah tamu undangan mulai berdatangan di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo, untuk mengikuti prosesi siraman calon mempelai pria, Kaesang Pangarep. Para tamu itu sudah mulai berdatangan sejak pukul 07.00 WIB.

Jumat (9/12/2022), selain keluarga dan kerabat, sejumlah menteri juga datang ke lokasi siraman. Di antaranya ialah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudy, Menteri Agraria dan Tata Ruan Hadi Tjahjanto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Pertahanan Mahfud MD.

Para tamu yang hadir tampak mengenakan busana adat. Tamu laki-laki mengenakan pakaian beskap lengkap dengan jarik dan blangkon. Sedangkan tamu perempuan mengenakan busana kebaya.

Read More

Prosesi siraman calon mempelai laki-laki rencananya akan dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB. Selain Kaesang, calon mempelai perempuan juga akan melakukan prosesi siraman di kediamannya di Jogja.

Presiden Jokowi sebelumnya mendatangi Pura Mangkunegaran, Solo pada Kamis (8/12/2022) malam. Kedatangannya malam-malam ke istana kadipaten itu untuk meninjau tempat tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina pada Minggu (11/12/2022) mendatang.

Pantauan Liputan6.com, Presiden Jokowi tiba di Pura Mangkunegaran sekitar pukul 21.20 WIB. Kehadiran mantan Wali Kota Solo itu didampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kedatangan orang nomor satu di republik ini disambut oleh penguasa Pura Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X.

Cek Panggung Pelaminan

Setelah itu, Presiden langsung berjalan ke Pura Mangkunegaran untuk melihat lebih dekat progres persiapan panggung pelaminan pernikahan Kaesang dan Erina. Selain panggung pelaminan, di Pendopo Ageng itu juga terlihat barisan meja dan kursi yang diperuntukan untuk tamu VVIP. Sejumlah pekerja masih sibuk menyelesaikan proses pengerjaan panggung pelaminan dan dekorasi.

Sebelum Presiden Jokowi tiba di Pura Mangkunegaran, penanggung jawab dan koordinator pelaksanaan pernikahan Kaesang dan Erina di Yogyakarta, Wishnutama juga turut hadir. Presiden Jokowi dan rombongan meninjau venue tasyakuran pernikahan putra bungsunya itu hanya sebentar. Setelah hampir 30 menit mengecek persiapan itu, Jokowi pamit meninggalkan Pura Mangkunegaran.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir dan juru bicara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudoni, Gibran Rakabuming Raka juga tampak mendatangi Pura Mangkunegaran.

Kedatangan mereka tak lain dan tak bukan untuk mengecek persiapan venue tasyakuran per pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina. Selain mengecek panggung pelaminan, dua tokoh itu juga meninjau akses masuk para tamu undangan.

Pura Mangkunegaran akan menjadi tempat penyelenggaraan tasyakuran pernikahan bos Persis Solo dengan finalis Putri Indonesia asal Yogyakarta yang bakal dihadiri ribuan tamu undangan.Kedua calon mempelai akan dikirab dengan kereta kencana dari rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. Prosesi adat ngunduh mantu digelar di Loji Gandrung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *