Kemendikbud Buka Beasiswa BPI Tahap 2, Kuliah S1-S3 Gratis dan Biaya Hidup

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali membuka Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) tahap 2 untuk jenjang D4, S1, S2 dan S3.

BPI merupakan program beasiswa hasil kerja sama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Kemendikbud Ristek melalui Perluasan Program LPDP.

Dari Perluasan Program LPDP ini, BPI mendanai Program Bergelar (Degree) dan Program Non Gelar (Non Degree). Program Bergelar S1, S2, dan S3 dikelola oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik). Sementara Program Non Gelar dikelola oleh masing-masing Unit Pengampu ( Direktorat dan Pusat yang ada di Lingkungan Kemendikbudristek).

Dilansir dari Instagram Puslapdik Kemdikbud, Beasiswa Pendidikan Indonesia menawarkan uang pendidikan selama kuliah dan uang saku bulanan.

Beasiswa BPI dibagi menjadi dua, yakni:

  1. Beasiswa ke luar negeri: untuk dosen perguruan tinggi akademik, dosen Perguruan Tinggi Vokasi, dan Beasiswa Indonesia Maju (untuk peserta didik dan lulusan berprestasi kuliah S1-S2).
  2. Beasiswa dalam negeri: untuk Perguruan Tinggi Akademik, Tenaga Pendidik, Dosen Perguruan Tinggi Vokasi dan Calon Guru SMK.

Untuk Program Non Gelar (Non Degree), calon pendaftar bisa mengunjungi laman informasi pada masing-masing Unit Pengampu ( Direktorat dan Pusat yang ada di Lingkungan Kemendikbudristek).

Baca juga: Syarat dan Cara Tukar Uang Rusak di Bank Indonesia

Cakupan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Tahap 2

Berdasarkan laman resmi Beasiswa Kemdikbud, berikut rincian komponen pembiayaan Beasiswa Pendidikan Indonesia.

Dana Pendidikan

  • Dana SPP (Tuition Fee)
  • Dana pendaftaran
  • Dana tunjangan buku
  • Dana bantuan penelitian tesis atau disertasi
  • Dana bantuan seminar internasional
  • Dana bantuan publikasi jurnal internasional
  1. Biaya Pendukung

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *