HUT RI Dimata Wakil Rakyat Prabumulih

Lebih dari sekadar sebuah perayaan, HUT RI menggambarkan perjalanan panjang bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan, serta harapan dan tantangan yang dihadapi dalam menjaga dan memajukan negara.

Nah dimata anggota DPRD Kota Prabumulih, Drs H Idham Tergun MM, HUT RI memiliki arti tersendiri.

Menurut politisi Partai Hanura ini, HUT RI merupakan momentum penting untuk mengingatkan dan merefleksikan nilai-nilai luhur seperti persatuan, gotong royong, dan semangat kebangsaan yang telah mengakar dalam budaya dan identitas bangsa Indonesia.

Peringatan ini mengajak seluruh warga negara untuk memupuk semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

“Ini momentum bagi kita untuk melakukan evaluasi apakah sudah baik dalam melaksanakan tugas dan fungsi kita masing-masing, karena pada prinsipnya hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini,” ungkap Idham Tergun, ketika dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (15/8).

Ketika ditanya apakah saat ini Indonesia memang sudah merdeka, secara tegas Idham Tergun menuturkan saat ini Indonesia memang sudah merdeka. Akan tetapi, masih belum semuanya merdeka.

“Masih proses belum semua (merdeka), coba lihat daerah-daerah di luar Jawa dan Sumatera seperti kalimantan dan Papua, masih banyak perlu dilakukan pembenahan yang lebih konprehensif, secara terpadu dan serius,” ujar Idham Tergun.

Dijelaskannya, dibeberapa daerah masih ada masyarakat yang belum menikmati akses penerangan, akses jalan masih banyak yang jelek bahkan tanah.

“Jangan hanya melihat yang di kota, tapi lihat mereka yang di daerah-daerah terpencil yang masih sulit mendapatkan pendidikan yang layak dan pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Oleh karena itu Idham Tergun berharap, kedepan pemerintah baik pusat maupun daerah harus lebih serius dalam melaksanakan pembangunan dengan pandangan dan pola fikir yang global untuk semua aspek kehidupan.

“Pemerintah garus melaksanakan program yang benar-benar prioritas, pemimpinnya harus punya pemikiran yang komprehensif dan produktif,” tegasnya.

Sementara, Wakil Ketua I DPRD Kota Prabumulih, H Ahmad Palo SE menuturkan, HUT RI yang diperingati setiap tahun merupakan momentum bagi kita untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan RI.

“Tanpa perjuangan mereka tidak bisa seperti sekarang, kita harus sangat menghargai dan berterimakasih atas perjuangan yang mereka lakukan,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah saat ini Indonesia sudah merdeka, politisi PPP ini menegaskan sesungguhnya saat ini Indoensia sudah merdeka.

“Kita sudah merdeka tapi memang masih banyak hal yang perlu kita lakukan pembenahan dan diperbaiki, itu menjadi tugas kita genereasi muda sekarang inilah untuk mengisi kemerdekan untuk kemamurkan seluruh bangsa Indonesia,” tuturnya.

Lebih lanjut Palo berharap kedepangenerasi sekarang ini akan membawa Indonesia lebih maju makmur dan sejahtera sehingga pemerintahan akan lebih baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *