Hari Pertama Tahun Ajaran Baru, Siswa Sekolah di Sragen Ini Kenakan Pakaian Adat .

Salah satu SMK di Kabupaten Sragen melakukan kegiatan unik saat hari pertama masuk sekolah pada tahun ajaran baru 2022/2023.

Para siswa hingga guru kompak mengenakan pakaian adat berbagai daerah di Indonesia, Senin (11/7/2022).

Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMK Kesehatan Citra Medika Kabupaten Sragen digelar berbeda dengan sekolah lainnya. Para siswa berikut gurunya, hadir dengan mengenakan pakaian adat.

Pakaian adat yang dikenakan beragam, mulai dari Indonesia bagian timur sampai ujung barat. Sejumlah atraksi juga ditampilkan dalam kegiatan tersebut, seperti beladiri, tari-tarian dan ketrampilan berorganisasi.

“Kegiatan MPLS dengan tema kebhinekaan dilakukan untuk membentuk karakter siswa, sehingga anak-anak memahami perbedaan, semangat gotong-royong dan mampu bekerja dalam tim. Selain itu, untuk menghindari kasus perploncoan terhadap siswa baru,” kata Kepala Sekolah Citra Medika Sragen, Nano Priyanto.

Dikatakannya, MPLS tahun 2022 mengambil tema kebhinekaan global. Pihaknya mengajak para siswa dan guru mengenakan pakaian adat.

“Karena kita berbeda-beda tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Supaya anak-anak bisa memahami keperbedaan, bisa gotong royong, kolaborasi dan mandiri, serta bisa bekerja dalam tim,” ucapnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *