Gempa M 6,2 di Jember Terasa hingga Trenggalek

TRENGGALEK, KOMPAS.com – Gempa bumi bermagnitudo 6,2 yang berpusat di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terasa hingga ke Trenggalek, Selasa (6/12/2022).

Guncangan terasa sekitar 10 detik, namun tidak terlalu kencang. Beberapa warga yang merasakan guncangan spontan berteriak memberi tahu warga lain bahwa ada gempa. Guncangan terasa pelan, namun warga tetap waspada.

“Ada gempa, ini ada gempa,” ujar Sundari, salah satu pemilik warung kopi di Jalan Brigjen Soetran, Trenggalek.

Sundari mengaku trauma dengan kejadian gempa bumi di wilayah Cianjur dan Garut, Jawa Barat, yang terjadi beberapa waktu lalu.

Meski tidak merasakan langsung gempa bumi di wilayah tersebut, namun ia turut prihatin atas musibah itu.

“Begitu terasa gempa, ini tadi saya langsung gemetar dan spontan berteriak gempa. Saya melihat betapa dahsyatnya dampak gempa Cianjur,” ujar Sundari.

“Saya tidak langsung lari, saya rasakan mengayun pelan, dan hilang. Kalau semakin kencang ya lari,” imbuh Sundari.

Ida Benita, warga lain, mengaku tidak merasakan guncangan gempa. Namun, ia melihat lampu rumah bergoyang hingga akhirnya ikut lari keluar rumah.

“Ibu saya tidak merasakan gempa, tapi lari keluar setelah melihat lampu bergoyang,” terangnya. Berdasarkan informasi dari laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di perairan laut wilayah Jember, Jawa Timur.

Yakni, 297 kilometer barat daya Kabupaten Jember di kedalaman 10 kilometer. Gempa itu terjadi pada pukul 13.07 WIB.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *