Buli-buli Klenting Kecil Diduga Digunakan Keluarga Mayat Kalideres untuk Ritual Memperlancar Rizki

– Buli-buli klenting kecil ditemukan di rumah keluarga mayat Kalideres di Perumahan Citra Garden I, Kalideres, Jakbar. Gunanya diduga untuk ritual memperlancar rizki.

Dugaan polisi, Buli-buli klenting kecil ini diduga sering digunakan Budianto Gunawan, paman di keluarga Kalideres, yang semua keluarganya meninggal di dalam rumah pada 21 November 2022 lalu.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan hasil penyidikan menyimpulkan buli-buli tersebut digunakan anggota keluarga untuk melaksanakan sebuah ritual.

“Ini salah satu dugaan kami dari tim psikologi forensik merupakan salah satu yang dianggap benda-benda yang digunakan untuk ritual,” ujar Hengki kepada wartawan, Selasa (6/12/2022).

Temuan buli-buli membuat polisi semakin dekat dengan temuan motif meninggalnya satu keluarga di Perumahan Citra Garden I Jakbar ini.
|

Hengki mengatakan, barang-barang tersebut cenderung mengarah kepada Budianto Gunawan yang merupakan paman dalam status keluarga meninggal ini.

Selain temuan buli-buli, Budianto diduga kerap menjalani ritual tertentu karena meyakini kepercayaan tertentu diperkuat dengan keterangan saksi.

“Hal ini mengakibatkan ada suatu kepercayaan dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik,” ujar Hengki.

“Atau bisa juga untuk mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga, dilakukan melalui ritual tertentu,” lanjutnya.

Sebelum penemuan buli-buli, polisi pernah menemukan berbagai bukti lain di rumah Kalideres yang diduga terkait dengan ritual tertentu yang dilakukan para korban.

Bukti yang ditemukan itu antara lain buku lintas agama, catatan mantra, hingga kemenyan.

Untuk barang bukti mantra, tertulis di kain yang diduga digunakan untuk melakukan ritual tertentu oleh salah satu anggota keluarga tersebut yakni Budianto.

Untuk diketahui, empat anggota keluarga yang ditemukan meninggal di Perumahan Citra Garden I Kalideres, Jakbar, terdiri dari pasangan suami-istri Ruiyanto Gunawan (70) dan Renny Margaretha (69); anak mereka bernama Dian (42); serta adik dari Rudianto yang bernama Budianto Gunawan (69).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *