“BPBD DKI: Seluruh Banjir Rob di Jakut Sudah Surut”

Jakarta – Banjir pesisir atau banjir rob akibat pasang air laut sempat melanda empat RT di Jakarta Utara. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memastikan saat ini seluruh rendaman air dinyatakan surut.

“BPBD mencatat hingga Selasa (6/12) pukul 13:20 WIB, seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut,” kata Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12/2022).

Michael mengatakan tim gabungan BPBD, Dinas SDA, Dinas Bina Marga hingga PPSU kelurahan telah mengerahkan personel beserta peralatan pendukung seperti pompa mobile untuk menyedot genangan air sekaligus memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. BPBD DKI pun mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap potensi banjir.

“BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Sebanyak 4 RT di Jakarta Utara terendam banjir pesisir (rob) hari ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengatakan kondisi banjir disebabkan air laut yang pasang.

“BPBD mencatat saat ini terdapat 4 RT atau 0,013% dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12).

Isnawa menyampaikan data ini didasari laporan BPBD DKI per pukul 11.00 WIB. Keempat titik rob tersebar di Kelurahan Pluit dan Marunda.

Ketinggian air berkisar 20-35 cm. Berikut rincian lengkapnya:

1. Kelurahan Pluit
– Jumlah: 2 RT
– Ketinggian: 20 cm
– Penyebab: Rob

2. Kelurahan Marunda
– Jumlah: 2 RT
– Ketinggian: 30-35 cm
– Penyebab: Rob

Isnawa menyampaikan, merujuk pada informasi waspada banjir pesisir yang dirilis BMKG untuk periode 6-13 Desember 2022, saat ini terjadi pasang air laut yang berpotensi menyebabkan rob di beberapa titik di wilayah Ibu Kota.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *