Aktivis Lingkungan Aceh Farwiza Farhan Masuk Daftar Sosok Inspiratif TIME 2022

Perempuan asal Aceh, Indonesia, Farwiza Farhan, masuk dalam daftar TIME100 Next 2022 kategori Leaders.

Daftar yang dirilis majalah terkemuka TIME ini
berisi daftar sosok inspiratif yang berasal dari seluruh dunia.

Farwiza sendiri adalah aktivis lingkungan dan konservasionis hutan di Kawasan Ekosistem Leuser, Sumatra, dimana hewan seperti badak dan harimau masih hidup bebas di alam liar.

Dia bekerja melindungi, mengkonservasi, dan melestarikan hutan.

Farwiza juga aktif di Yayasan Hutan, Alam, dan Lingkungan Aceh (HAkA), organisasi non-profit yang berfokus pada tata kelola lahan dan hutan di Aceh.

Farwiza, seperti dikutip dari laman Parapuan,
getol melawan eksploitasi dan ekspansi yang mengancam ekosistem Leuser.

Baca Juga : Gubernur Ganjar Undang Mahasiswa Awasi Pembagian Bantuan Sosial

Dalam melestarikan Leuser, fokus utamanya selain kebijakan dan advokasi, juga meningkatkan akses dan memperdalam keterlibatan perempuan terkait penyelamatan lingkungan.

Melansir The Orangutan Project, Wiza percaya bahwa konservasi yang dilakukannya harus inklusif dan melibatkan komunitas setempat.

Lewat Yayasan HAKA, dia bersama dengan masyarakat setempat meluncurkan beragam kampanye.

“Aspek utama dalam pekerjaanku di antaranya berkontribusi menentukan arah organisasi sekaligus mengelola day to day campaign yang tengah dijalankan,” ujarnya kepada Orangutan Project, dikutip Parapuan (28/9/2022).

Hebatnya lagi, dia juga pernah bekerjasama dengan aktor Hollywood Leonardo Dicaprio, yang pada 2016 mengunjungi Aceh dan membuat dokumenter lingkungan, yakni “Before the Flood”.

Sarjana Biologi Kelautan dari Universiti Sains Malaysia ini mengaku kesulitan bergerak di bidang konservasi.

Namun layar telah terkembang, tak ada lagi yang namanya mundur. Farwiza pun tekun bergerak, bekerja di konservasi pemerintahan yang mengelola dan melindungi Kawasan Ekosistem Leuser di Sumatra.

Atas kegetolannya, perempuan kelahiran Banda Aceh, 1 Mei 1986 itu lantas meraih sejumlah penghargaan, seperti National Geographic Wayfinder Award 2022, pemenang 2021 Pritzker Emerging Environmental Genius Award, dan Whitley Awards 2016.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *