“8 Tanda-tanda Hamil Muda Selain Telat Haid”

Jakarta – Telat haid tidak selalu tanda-tanda hamil. Namun ada beberapa tanda-tanda hamil muda yang perlu kamu sadari. Simak di sini yuk.

Setiap wanita memiliki pengalaman hamil yang berbeda-beda. Tidak setiap wanita memiliki gejala yang sama, termasuk mengenai tanda-tanda hamil muda.

Belum lagi tanda-tanda hamil muda yang seringkali menyerupai gejala sebelum dan selama menstruasi, mungkin tidak kamu sadari. Penting memahami tanda hamil muda karena usia kandungan yang masih awal sangat rentan.

Baca juga: Tanda-tanda Hamil yang Wajib Diketahui oleh Para Wanita

Yuk pahami tanda-tanda hamil muda yang perlu kamu pahami selain telat haid, seperti dilansir dari WebMD.

Pregnant woman FallsTanda-tanda hamil. Foto: Getty Images/iStockphoto/Milatas
1. Bercak dan Kram

Setelah pembuahan, sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim sehingga menyebabkan bercak dan kram bagi beberapa wanita. Hal ini salah satu tanda-tanda hamil muda.

Bercak itu disebut pendarahan implantasi. Itu terjadi antara 6 hingga 12 hari setelah sel telur dibuahi.

Kramnya mirip dengan PMS sehingga beberapa wanita salah mengartikannya sebagai awal menstruasi. Selain bercak, kamu juga mungkin melihat keluarnya cairan putih seperti susu dari vagina.

Itu terkait dengan penebalan dinding vagina yang dimulai segera setelah pembuahan. Meningkatnya pertumbuhan sel-sel yang melapisi vagina menyebabkan keluarnya cairan.

2. Perubahan pada Payudara

Perubahan payudara merupakan tanda-tanda hamil muda lainnya. Kadar hormon wanita berubah dengan cepat setelah pembuahan.

Karena perubahan tersebut, payudara mungkin menjadi bengkak, nyeri, atau kesemutan satu hingga dua minggu kemudian. Kamu juga mungkin merasa lebih berat, penuh, atau lembut saat disentuh.

Attractive pregnant woman is working in light modern office. Feel of tiredness on last months of pregnancy.Tanda-tanda hamil, kelelahan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Vasyl Dolmatov
3. Kelelahan

Merasa sangat lelah merupakan hal yang normal dalam kehamilan dan bisa menjadi tanda-tanda hamil muda. Seorang wanita bisa mulai merasa lelah luar biasa segera setelah satu minggu setelah hamil.

Mengapa? Ini sering dikaitkan dengan tingkat tinggi hormon yang disebut progesteron.

Baca juga: Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama yang Wajib Diketahui

4. Sering Mual (Morning Sickness)

Morning sickness adalah tanda-tanda hamil muda yang populer. Namun tidak semua ibu hamil mendapatkannya.

Penyebab pasti mual pada pagi hari tidak diketahui, tapi hormon kehamilan kemungkinan besar berkontribusi pada gejala ini. Mual selama kehamilan dapat terjadi kapan saja tapi paling sering pada pagi hari.

Ada kemungkinan mual, mengidam, dan keengganan makanan berlangsung selama kehamilan. Untungnya, gejalanya berkurang bagi banyak wanita sekitar minggu ke-13 atau ke-14 kehamilan mereka.
5. Sering Buang Air Kecil

Tanda-tanda hamil muda lainnya sering buang air kecil dari biasanya. Bagi banyak wanita, ini dimulai sekitar minggu keenam atau kedelapan setelah pembuahan.

Meskipun hal ini dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih (ISK), diabetes, atau penggunaan diuretik. Jika kamu sedang hamil, kemungkinan besar karena kadar hormon.

6. Sembelit

Selama kehamilan, kadar hormon progesteron yang lebih tinggi dapat membuatmu sembelit. Progesteron menyebabkan makanan lebih lambat melalui ususmu. Untuk meringankan masalah tersebut, minumlah banyak air, olahraga, dan konsumsi banyak makanan berserat tinggi.

7. Jadi Baper

Tanda-tanda hamil muda bisa membuatmu sering baper. Ini umum terjadi, terutama selama trimester pertama karena terkait dengan perubahan hormon.

8. Sakit kepala dan sakit punggung

Banyak wanita hamil yang sering melaporkan sakit kepala ringan dan lainnya mengalami sakit punggung. Ketika hal itu terjadi bersama tanda-tanda hamil muda lainnya bisa merupakan gejala awal kehamilan walaupun hasil testpack belum menunjukkan positif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *